Home » » 5 Cara Mengatur Keuangan Saat Bulan Ramadhan

5 Cara Mengatur Keuangan Saat Bulan Ramadhan

cara mengatur keuangan bulan puasa
Cara Mengatur Keuangan Bulan Ramdhan
Bulan Ramadhan seperti sekarang ini, merupakan bulan penuh berkah, bulan penuh rahmat bulan penuh ampunan. Bulan Ramadhan juga mengajarkan kita semua sebagai umat muslim untuk memperbanyak amalan – amalan yang baik, salah satunya adalah dengan sedekah atau memberi buka puasa kepada orang yang berpuasa. Karena pahala memberi makan orang berpuasa adalah akan mendapatkan tambahan pahala sebanyak orang yang berpuasa tersebut.

Karena tidak ada aktifitas makan disiang hari, maka seharusnya dana bulanan kita lebih hemat dan dapat dimaksimalkan untuk sedekah. Namun seperti kita tahu, disetiap bulan Ramadhan harga – harga kebutuhan mulai merangkak naik sampai nanti puncaknya ketika lebaran datang. Alih – alih untuk hemat ternyata yang ada dompet jebol semua karena kurangnya cara mengatur keuangan saat bulan puasa.

Maka kami akan berbagi tips tentang cara mengatur keuangan saat bulan ramdhan, sehingga kita semua tidak perlu khawatir jebolnya anggaran rumah tangga ketika bulan puasa.

1.       Rancang Anggaran Belanja 

Diawal bulan puasa sebaiknya Anda melakukan perencanaan anggaran belanja sebulan kedepan. Lakukan rundown pos – pos khusus yang jadi perhatian Anda terutama masalah kebutuhan sahur dan buka. Apalagi ketika bulan ramadhan, banyak makanan – makanan yang unik – unik dan menarik. Misal Anda mengalokasikan dana untuk sahur dan buka sebesar  satu juta rupiah selama sebulan. Ingat, jika pemasukan Anda tidak terlalu tinggi maka jangan terlalu berbuat macam – macam tentang pengeluaran Anda.

2.       Siapkan Dana Lebaran

Jangan sampai terlupa untuk menyipakan dana khusus lebaran seperti mudik kekampung halaman, THR untuk karyawan Anda, atau yang berhubungan dalam lebaran. Silahkan mulai persiapkan khusus dari sekarang.

3.       Jangan Salah Alokasikan Dana

Banyak orang tidak konsisten dalam cara mengatur keuangan khususnya ketika bulan ramadhan. Banyak dari mereka yang justru jebol anggaranya karena dana yang dialokasikan salah. Mereka memilih untuk menghambur – hamburkan uangnya ketika bulan ramadhan kepada hal yang tidak begitu bermanfaat.

Mereka selalu ingin makan atau berbuka dengan yang enak asal puas dan perutnya kenyang. Ingat, kehidupan kita tidak berhenti cuma saat puasa saja, masih banyak hari lain diluar bulan puasa jadi jangan boros. Perlu diingat juga bahwa terlalu kenyang saat berbuka puasa itu tidak baik, karena menyebabkan Anda malas untuk melakukan ibadah terutama sholat taraweh.

4.       Tetap Mencatat Pengeluaran Harian

Jangan lupa untuk tetap melakukan pencatatan pengeluaran harian Anda agar dapat terkontrol arus kas yang ada. Jika Anda tidak melakukan pencatatan pengeluaran, maka siap – siap Anda akan mengalami Bahaya Tidak Mengatur Keuangan.

5.       Konsisten Menjalankan Rencana

Yang terakhir cara mengatur keuangan selama bulan ramadhan adalah konsisten melakukan sesuai rencana. Hal tersulit dari sebuah rencana adalah menjalankannya dengan konsisten. Jika Anda tidak konsisten maka tidak ada artinya pula rencana – rencana yang Anda susun selama ini.

Seperti tulah 5 cara mengatur keuangan selama bulan ramadhan, seperti halnya cara mengatur keuangan pribadi atau keluarga, jika Anda melakukan dengan sungguh – sungguh maka Anda tidak perlu khawatir tentang kondisi keuangan Anda. Dan hasil dari itu semua maka Anda dapat nikmati setelah ramadhan selesai. Selanjutnya Anda harus tau cara mengatur keuangan lebaran.

Selamat menjalankan aktifitas bulan puasa, semoga amal dan ibadah kita selama bulan puasa diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

1 comments:

  1. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete

Powered by Blogger.