Home » , » Cara Mengatur Keuangan Keluarga dan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Keluarga dan Pribadi



cara mengatur keuangan pribadi
Cara Mengatur Keuangan
Keuangan sering menjadi masalah utama dalam kehidupan sehari-hari terutama bagi yang sudah berkeluarga.  Tidak sering kita merasa kesulitan untuk mengaturkeuangan mulai dengan mengatur keuangan sendiri apalagi yang berkaitan dalam urusan rumah tangga. 

Bagaimana tidak, dalam mengatur keuangan pribadi saja kita sering tidak kebobolan bahkan seringnya habis di tengah jalan padahal masih awal bulan, sedangkan masih banyak alokasi, tagihan atau pembayaran lain yang sifatnya mungkin lebih penting dari pada sekedar kebutuhan dan keinginan yang ada. 

Semakin hari kebutuhan hidup yang semakin meningkat, jika tidak bisa mengatur keuangan dengan baik dan di ikuti oleh gaya hidup konsumtif maka keuangan kita bisa semakin tidak terkontrol. Jika dalam hal ini kita mengabaikan untuk mengatur keuangan, sudah dipastikan keuangan dengan kondisi yang pas-pasan bahkan orang dengan harta melimpahpun akan berantakan diluar anggaran seharusnya.

Bagi yang masih hidup sendiri dengan kata lain belum menikah, belum menjadi masalah besar dalam masalah keuangan, tetapi perlu diingat biaya hidup semakin hari semakin meningkat. Jadi meskipun demikian mengatur keuangan dengan bijak dan cerdas merupakan ilmu wajib yang harus kita pelajari agar menjadi kebiasaan dan keteraturan setelah melewati masa muda dan masuk dalam kehidupan rumah tangga.

Karena banyak kasus masalah keuangan menjadi masalah serius dalam keharmonisan rumah tangga, alangkah baiknya kita mepelajari cara mengaturkeuangan sedini mungkin.
Jika selama ini kita belum terbiasa dan masih sulit juga untuk melakukan manajemen dalam masalah keuangan, ada baiknya silahkan simak rahasia besar dalam mengatur keuangan yang perlu dilakukan seperti ini :


1. Kuasai Portfolio Keuangan (Cash In Cash Out)

Untuk dapat menguasai cara mengatur keuangan dengan baik, langkah dasarnya adalah kita harus mengetahui dengan pasti berapa uang tabungan, uang bayar listrik, uang kebutuhan untuk makan setiap bulan, uang untuk bayar anak sekolah, dan juga lainnya. Dengan tahu pasti jumlah dana kita dan berapa biaya yang kita keluarkan wajib setiap bulan, maka kita bisa melakukan pemgangkasan – pemangakasan anggaran jika itu tidak diperlukan.

2. Menabung

Cara mengatur keuangan yang kedua ini sering diajarkan ketika kita masih kecil, yaitu menabung. Namun dulu kita diajarkan dari sisa uang saku kita, tetapi sekarang harus dibalik. Ketika mendapatkan uang dari bekerja, silahkan kita langsung potong 20% untuk ditabung, jangan sampai menunggu sisa. Karena kebanyakan dari kita tidak meninggalkan sisa dari uang yang didapat. Hasil dari menabung ini bisa kita pergunakan untuk investasi. Jadi yang dilakukan orang kaya kenapa semakin kaya, karena mereka menabung untuk melakukan investasi kemudian hari.

3. Penganggaran atau Budgeting

Budgeting anggaran sangat penting dilakukan untuk mengatur keuangan kita. Buat sebuah perencanaan wajib bulanan secara objektif. Hapuskan rencana – rencana belanja yang kurang penting seperti kesalon, shoping atau apapun itu yang sifatnya dapat merusak cash flow keuangan kita.

4. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Selalu catat dengan baik setiap transaksi yang masuk dan keluar dari dompet Anda. Disiplin mencatat sangat diperlukan, karena banyak dari kita suka malas mencatat hal – hal kecil. Jangan anggap uang parkir yang telah kita keluarkan karena jumlahnya kecil. Karena kalau itu terjadi dalam satu bulan tetap saja jumlahnya besar dan cukup mempengaruhi arus kas kita.
Dari hasil catatan tersebut kita bisa merancang kembali anggaran yang benar – benar kita butuhkan.

5. Hindari Hutang

Hindari hutang, wajib, jangan sampai kita terbiasa dengan berhutang, pola hidup dengan hutang sangatlah buruk. Jangan suka memaksakan keinginan lalu kita berhutang untuk memenuhinya. Jika kita punya kartu kredit, potong saja kartunya agar kita bisa terbebas dari hutang kartu kredit, karena kartu kredit mengajarkan kita untuk hidup konsumtif.

6. Investasi

Cara Mengatur Keuangan yang terakhir ini harus kita lakukan untuk menjamin masa depan kita maupun anak - anak kita, investasi. Hasil tabungan yang kita lakukan, bisa kita ambil sebagian persen untuk melakukan investasi. Disinilah fungsi menabung dalam manajemen keuangan. Karena investasi dapat meningkatkan kran – kran baru rezeki kita.

Bagaimana, cukup mudah bukan ? Yang harus dilakukan dalam masalah mengatur keuangan adalah dengan konsistensi, nikmati prosesnya. Jika kita rajin untuk melakukan pencatatan transaksi, melakukan kroscek dalam anggaran maka hasilnya akan luar biasa.
Demikianlah sedikit tuliasan tentang cara mengatur keuangan untuk yang masih sendiri ataupun cara mengatur keuangan keluarga.

1 comments:

  1. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete

Powered by Blogger.