Home » » 5 Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah

5 Cara Mengatur Keuangan Setelah Menikah

 Cara Mengatur Keuangan Keluarga
 Mengatur Keuangan Keluarga
Jika Anda pengantin baru, kami ucapkan selamat kepada Anda semoga langgeng sampai kematian menjemput. Tapi tidak ada pesta yang tidak berakhir, karena kehidupan berkeluarga baru saja dimulai, jalan Anda masih panjang, termasuk masalah mengatur keuangan keluarga. Namun jika Anda masih bujang, silahkan pelajari Cara Mengatur Keuangan. 

"Mengelola keuangan pada saat masih single sangatlah berbeda dari pada sesudah menikah" kata Devino Rizki Arfan, seorang perencana keuangan. "Dikarenakan setelah Anda menikah banyak sekali perubahan tentang pola pikir keuangan yang harus dilakukan dengan segera."

Devino menggaris bawahi macam – macam hal yang berkaitan dengan keuangan, mulai dari isi rekening bank, menetapkan anggaran keuangan, persiapan lahirnya buah hati dan masih banyak lagi. Dan karena uang adalah hal yang cukup emosional , sehingga dapat merusak mental – dan salah satu penyebab terjadinya perceraian – keberhasilan pernikahan Anda dan masa depan pernikahan juga  ditentukan oleh kebiasaan cara mengatur keuangan yang Anda dan pasangan bangun sejak awal.

Untuk membangun pondasi  yang baik, kami akan membagi 5 trik jitunya:

1. Mulai Menabung. 

Anda mungkin hamper menguras seluruh isi tabungan untuk melangsungkan pesta pernikahan. Nah kini saatnya untuk membangun kembali apa yang kemarin Anda habiskan. Langkah awal cara mengatur keuangan keluarga, kumpulkanlah paling tidak sebanyak 6 bulan biaya pengeluaran bulanan sebagai dana darurat. Selain itu juga, mulailah untuk melakukan perencanaan pensiun Anda dari tempat kerja sekarang dengan berinvestasi.

2. Ucapkan selamat tinggal pada rekening terpisah. 

Setelah Anda menikah, uang bukan “milikmu atau milikku”, tapi milik berdua, Anda dan pasangan. Anda bisa membuat satu rekening untuk bersama sebagai langkah cara mengatur keuangan keluarga.

3. Hutang

Mulai sekarang berbicaralah dengan pasangan Anda untuk ketrerbukaan masalah hutang masing – masing.  Dengan demikian Anda dapat melakukan rencana bagaimana Anda berdua akan melunasi hutang tersebut. Dan sebaiknya dikemudian hari hindarilah hutang dalam keluarga sebisa mungkin dalam rencana cara mengatur keuangan keluarga.

4. Cari Tahu Kemana Habisnya Uang Anda.

Caramengatur keuangan setelah menikah adalah dengan mencatat semua pengeluaran Anda dan pasangan. Anda dan pasangan bias bekerja sama untuk melakukan pelacakan agar dapat melakukan evaluasi di kemudian hari.

5. Buat kesepakatan tentang pengeluaran keluarga. 

Seperti layaknya ketika masih single, Anda dan pasangan pasti telah mendapatkan dan menghabiskan uang selama bertahun-tahun tanpa berkonsultasi pada siapa pun. Masa – masa tersebut akan berakhir jika Anda sudah menikah. Cara mengatur keuangan keluarga adalah untuk mendiskusikan dengan pasangan tentang kebiasaan Anda untuk menangani uang. Apakah satu orang pemboros dan satu lagi hemat? 
Semoga dengan lima langkah jitu ini, masa depan Anda dengan pasangan lebih bias terencana dengan baik. Biasakan untuk tidak hidup konsumtif seberapa besarpun penghasilan Anda dan pasangan saat ini.

2 comments:

  1. Apakah Anda dalam kesulitan keuangan? Apakah Anda perlu
    pinjaman untuk memulai bisnis atau untuk membayar tagihan Anda? Kita
    memberikan pinjaman kepada orang yang membutuhkan bantuan dan kami memberikan pinjaman kepada perusahaan lokal, internasional dan juga pada tingkat bunga yang sangat rendah dari 2%.
    Terapkan Sekarang Via Email: kellywoodloanfirm@gmail.com
    Terima kasih
    Terima kasih dan Tuhan memberkati
    Ibu Kelly

    ReplyDelete
  2. setuju, nice post gan :)

    baca juga : cara mengatur keuangan https://goo.gl/9DrCKT

    ReplyDelete

Powered by Blogger.